Mama Cake: Racikan Ciamik Film Genre Pelangi

11 Sep 2012

Bila melihat kue pelangi(rainbow cake),anda akan kagum melihat keindahan warna-warni kue ini,dan membuat anda tertarik untuk mencicipinya.Kue pelangi yang lezat tentu membutuhkan racikan  resep yang pas dan sentuhan chef yang handal. Tahun 2012 ini ada satu kue (cake)  pelangi  lezat  yang menebar keindahan di dunia perfilman Indonesia.Kue pelangi lezat di dunia perfilman Indonesia tersebut adalah film Mama Cake,yang kemarin(10/9) mengadakan Gala Premiere di kampus Trisakti Grogol.

Mama Cake

Pasti  anda akan mengganggap film ini hanyalah film komedi alay yang selama ini sering menghiasi dunia perfilman Indonesia bila  melihat sekilas dari judulnya(Mama Cake),dan ini pula yang terpikir oleh  saya sebelum menonton film Mama Cake.

Film yang berdurasi 147 menit ini mengisahkan tentang perjalanan 3 orang sahabat,Rakha,Willy,dan Rio yang selama ini bergaya hidup hedonis di Jakarta. Rakha(Ananda Omesh) mendapatkan tugas dari ayahnya untuk membeli kue bermerk Mama Cake kesukaan neneknya. Nenek Rakha sedang sakit keras dan  ingin memakan Mama Cake yang asli dari outlet di Bandung. Rakha pun segera berangkat menuju Bandung ditemani oleh karibnya Willy (Boy William) dan Rio (Arie Dagienkz). Kisah perjalanan ketiga sahabat ini penuh lika-liku. Ketiga sahabat ini mempunyai kepribadian masing-masing yang berbeda dan unik. Rakha menjunjung prinsip hidup yang jelas  tapi tujuan hidupnya abu-abu karena terkekang oleh aturan dan kemauan  ayahnya,Willy playboy  yang gemar mempermainkan wanita walaupun sudah berpacaran selama 7 tahun,Rio ‘ajaib’ dengan gaya ala seniman nyentrik.

Dalam perjalanan membeli Mama Cake,ketiga sahabat ini mengalami banyak kendala berat ,yang puncaknya menyebabkan ketiga sahabat tersebut bertengkar dan terpisah di Bandung. Saat ketiga orang ini terpisah,mereka mengalami perjalanan  ’ajaib’ yang dilatari dengan kisah spiritual,cinta,tragedi,dan anomali hidup.

Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini sukses menggoda saya untuk menontonnya lebih dari sekali. Film Mama Cake penuh dengan kejutan dalam skenario ceritanya. Mama Cake tidak gampang tertebak ending ceritanya. Film ini tidak terpatok pada satu genre saja. Film ini banyak menampilkan humor segar lewat dialog,adegan,simbol dalam film,disisipi dengan animasi yang menghibur. Film ini penuh pesan spiritual yang membuat penonton akan merenung tentang tujuan hidup,keindahan dan kekuatan unsur-unsur yang terdapat dalam  sholat. Film ini juga berbalut dengan misteri sosok seorang 18:65. Film ini juga dibumbui kisah cintaan sejati,cinta hawa nafsu,dan cinta alam. Mama Cake juga menampilkan drama persahabatan,drama keluarga,dan drama  sosial ,yang membuat penonton meneteskan air mata.Jadi saya menyimpulkan bahwa film Mama Cake merupakan film bergenre pelangi (film dengan beragam warna cerita yang indah). Mama Cake berhasil memadukan akting kelas wahid dari aktor-aktris pendatang baru (Fajar Umbara,Boy William,Renata Kusmanto) dan aktor-aktris senior (Rudi Salam,Didi Petet,Nani Wijaya).

Mama Cake yang ceritanya sudah ‘lezat’ diracik oleh Anggy Umbara,semakin ‘lezat’ dengan sentuhan ‘bumbu’ manis soundtrack yang dinyanyikan sang maestro Iwan Fals. Lagu legendaris ‘Belum Ada Judul’ yang liriknya dalam dan menyentuh digubah ulang Iwan Fals bersama Laduni.

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/Hjc6JGWGWHk" width="225" height="250" wmode="transparent" /]

Sedikit kekurangan dari film Mama Cake  yaitu efek gambar yang kurang pas di beberapa scene.


TAGS Mama Cake Movie Film Mama Cake Film Anggy Umbara Terbaik Falcon Picture Film Terbaik 2012


-

Author

Follow Me


Archive